a. TV commercial
Ini adalah
strategi pembuka yang hebat bagi peserta didik yang telah saling mengenal satu
sama lain. Strategi ini dapat menghasilkan pembangunan tim yang cepat.
Langkah-langkah
1.
bagilah peserta didik ke dalam team yang tidak
lebih dari 6 anggota
2.
mintalah team-team membuat iklan TV 30 detik
yang mengiklankan
masalah pelajaran dengan menekankan nilainya bagi meraka atau bagi dunia
3.
iklan hendaknya berisi sebuah slogan (sebagai
contoh “Lebih baik hidup dengan ilmu Kimia”) dan visual (misalnya,
produk-produk kimia terkenal)
4.
jelaskan bahwa konsep umum dan sebuah outline
dari iklan tersebut sesuai. Namun jika team ingin memerankan iklannya, hal
tersebut baik juga.
5.
sebelum masing-masing team mulai merencanakan
iklannya, maka diskusikan karakteristik dari beberapa iklan yang saat ini
terkenal untuk merangsang kreatifitas (misalnya penggunaan sebuah kepribadian
terkenal, humor, perbandingan terhadap persaingan)
Kelas VIII, Semester 2
Standar Kompetensi
|
Kompentensi Dasar
|
12. mengungkapkan informasi dalam bentuk
rangkuman , teks berita slogan atau poster
|
12.3 Menulis slogan atau poster untuk berbagai
keperluan dengan pilihan kata dan kalimat yang bervariasi serta persuasif
|
1.
bagilah peserta didik ke dalam team yang tidak
lebih dari 6 anggota
2.
mintalah team-team membuat iklan TV 30 detik
yang mengiklankan
masalah pelajaran dengan menekankan nilainya bagi mereka atau bagi dunia
3.
sebelum membuat slogan atau poster, guru
memperlihatkan contoh-contoh slogan atau postter
4.
iklan hendaknya berisi sebuah slogan (sebagai
contoh “Lebih baik hidup dengan ilmu Kimia”) dan visual (misalnya,
produk-produk kimia terkenal)
5.
jelaskan bahwa konsep umum dan sebuah outline
dari iklan tersebut sesuai. Namun jika team ingin memerankan iklannya, hal
tersebut baik juga.
6.
sebelum masing-masing team mulai merencanakan
iklannya, maka diskusikan karakteristik dari beberapa iklan yang saat ini
terkenal untuk merangsang kreatifitas (misalnya penggunaan sebuah kepribadian
terkenal, humor, perbandingan terhadap persaingan)
b. Cooperative
Script
Skrip kooperatif adalah metode
pembelajatran dimana siswa bekerja berpasangan dan secar lisan
mengkhitisarkan bagia-bagian adari materi
yang dipelajari.
Langkah-langkah:
1. Guru
membagi siswa untuk berpasangan
2. Guru
membagikan wacana atau materi tiap siswa untuk dibaca dan membuat ringkasan
3. Guru
dan siswa menetapkan siapa yang pertama berperan sebagai pembicara dan siapa
yang berperan sebagai pendengar
4. Pembicara
membacakan ringkasannya selengkap mungkin, dengan memasukkan ide-ide pokok.
Sementara pendengar menyimak atau mengoreksi atau menunjukkan ide-ide pokok
yanng kurang lengkap dan membantu mengingat dan menghafal ide-ide pokok dengan
menghubungkan materi sebelumnya atau dengan materi lainnya.
5. Bertukar
peran, semula sebagai pembicara ditukar menjadi pendengar dan sebaliknya serta
lakukan seperti diatas.
6. Guru
memberikan kesimpulan
Kelas VII, Semester 2
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
9. Memahami wacana liasan melalui kegiatan wawancara
|
9.1 menyimpulkan pikiran, pendapat, dan gagasan seorang tokoh atau
narasumber yang disampaikan dalam wawancara
|
Langkah-langkah:
1. Guru
membagi siswa untuk berpasangan
2. Guru
memperlihatkan rekaman sebauh
wawancara dan tiap siswa untukmenyimak dan membuat ringkasan
3. Guru
dan siswa menetapkan siapa yang pertama berperan sebagai pembicara dan siapa
yang berperan sebagai pendengar
4. Pembicara
membacakan ringkasannya selengkap mungkin, dengan memasukkan ide-ide pokok.
Sementara pendengar menyimak atau mengoreksi atau menunjukkan ide-ide pokok
yanng kurang lengkap dan membantu mengingat dan menghafal ide-ide pokok dengan
menghubungkan materi sebelumnya atau dengan materi lainnya.
5. Bertukar
peran, semula sebagai pembicara ditukar menjadi pendengar dan sebaliknya serta
lakukan seperti diatas.
6. Guru
memberikankesimpulan
Tidak ada komentar:
Posting Komentar