Sabtu, 02 Juni 2012

tugas strategi


a.      TV commercial
Ini adalah strategi pembuka yang hebat bagi peserta didik yang telah saling mengenal satu sama lain. Strategi ini dapat menghasilkan pembangunan tim yang cepat.
Langkah-langkah
1.      bagilah peserta didik ke dalam team yang tidak lebih dari 6 anggota
2.      mintalah team-team membuat iklan TV 30 detik yang mengiklankan masalah pelajaran dengan menekankan nilainya bagi meraka atau bagi dunia
3.      iklan hendaknya berisi sebuah slogan (sebagai contoh “Lebih baik hidup dengan ilmu Kimia”) dan visual (misalnya, produk-produk kimia terkenal)
4.      jelaskan bahwa konsep umum dan sebuah outline dari iklan tersebut sesuai. Namun jika team ingin memerankan iklannya, hal tersebut baik juga.
5.      sebelum masing-masing team mulai merencanakan iklannya, maka diskusikan karakteristik dari beberapa iklan yang saat ini terkenal untuk merangsang kreatifitas (misalnya penggunaan sebuah kepribadian terkenal, humor, perbandingan terhadap persaingan)
Kelas VIII, Semester 2
Standar Kompetensi
Kompentensi Dasar
12. mengungkapkan informasi dalam bentuk rangkuman , teks berita slogan atau poster
12.3 Menulis slogan atau poster untuk berbagai keperluan dengan pilihan kata dan kalimat yang bervariasi serta persuasif
1.      bagilah peserta didik ke dalam team yang tidak lebih dari 6 anggota
2.      mintalah team-team membuat iklan TV 30 detik yang mengiklankan masalah pelajaran dengan menekankan nilainya bagi mereka atau bagi dunia
3.      sebelum membuat slogan atau poster, guru memperlihatkan contoh-contoh slogan atau postter
4.      iklan hendaknya berisi sebuah slogan (sebagai contoh “Lebih baik hidup dengan ilmu Kimia”) dan visual (misalnya, produk-produk kimia terkenal)
5.      jelaskan bahwa konsep umum dan sebuah outline dari iklan tersebut sesuai. Namun jika team ingin memerankan iklannya, hal tersebut baik juga.
6.      sebelum masing-masing team mulai merencanakan iklannya, maka diskusikan karakteristik dari beberapa iklan yang saat ini terkenal untuk merangsang kreatifitas (misalnya penggunaan sebuah kepribadian terkenal, humor, perbandingan terhadap persaingan)
b.      Cooperative Script
Skrip kooperatif adalah metode pembelajatran dimana siswa bekerja berpasangan dan secar lisan mengkhitisarkan  bagia-bagian adari materi yang dipelajari.
Langkah-langkah:
1.      Guru membagi siswa untuk berpasangan
2.      Guru membagikan wacana atau materi tiap siswa untuk dibaca dan membuat ringkasan
3.      Guru dan siswa menetapkan siapa yang pertama berperan sebagai pembicara dan siapa yang berperan sebagai pendengar
4.      Pembicara membacakan ringkasannya selengkap mungkin, dengan memasukkan ide-ide pokok. Sementara pendengar menyimak atau mengoreksi atau menunjukkan ide-ide pokok yanng kurang lengkap dan membantu mengingat dan menghafal ide-ide pokok dengan menghubungkan materi sebelumnya atau dengan materi lainnya.
5.      Bertukar peran, semula sebagai pembicara ditukar menjadi pendengar dan sebaliknya serta lakukan seperti diatas.
6.      Guru memberikan kesimpulan




Kelas VII, Semester 2
Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
9. Memahami wacana liasan melalui kegiatan wawancara
9.1 menyimpulkan pikiran, pendapat, dan gagasan seorang tokoh atau narasumber yang disampaikan dalam wawancara
Langkah-langkah:
1.      Guru membagi siswa untuk berpasangan
2.      Guru memperlihatkan rekaman sebauh wawancara dan tiap siswa untukmenyimak dan membuat ringkasan
3.      Guru dan siswa menetapkan siapa yang pertama berperan sebagai pembicara dan siapa yang berperan sebagai pendengar
4.      Pembicara membacakan ringkasannya selengkap mungkin, dengan memasukkan ide-ide pokok. Sementara pendengar menyimak atau mengoreksi atau menunjukkan ide-ide pokok yanng kurang lengkap dan membantu mengingat dan menghafal ide-ide pokok dengan menghubungkan materi sebelumnya atau dengan materi lainnya.
5.      Bertukar peran, semula sebagai pembicara ditukar menjadi pendengar dan sebaliknya serta lakukan seperti diatas.
6.      Guru memberikankesimpulan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar