Minggu, 03 Juni 2012

pengertian psikolinguistik


Psikolinguistik merupakan sebuah kajian mengenai penggunaan bahasa dan perolehan bahasa oleh manusia akan senantiasa menempatkan manusia sebagai pelaku dan sekaligus pengguna bahasa sehingga sistem-sistem yang ada pada diri manusia akan dapat menjelaskan bagaimana manusia dapat menangkap ide-ide orang lain dan bagaimana ia dapat mengekspresikan ide-idenya sendiri melalui  bahasa baik secara tertulis maupun secara lisan (Nur Indah, 2008:13). 
Levelt (dalam Mar’at, 2005:1) mengemukakan definisi psikolinguistik yaitu suatu studi mengenai penggunaan bahasa dan perolehan bahasa oleh manusia.
Robert  Lado (1976:220), mengatakan bahwa psikolinguistik adalah pendekatan gabungan melalui psikologi dan linguistik bagi telaah atau studi pengetahuan bahasa, bahasa dalam pemakaian, perubahan bahasa, dan hal-hal yang ada kaitannya dengan itu yang tidak begitu mudah dicapai atau didekati melalui salah satu dari kedua ilmu tersebut secara terpisah atau sendiri-sendiri.
Psikolinguistik adalah ilmu yang mempelajari hubungan antara bahasa dengan perilaku dan akal budi manusia; ilmu interdisipliner linguistik dengan psikologi (Kridalaksana, 1993:18).

Sumber:
Kridalaksana, Harimurti.1993. Kamus Linguistik. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.
Mar’at, Samsunuwiyati. 2005. Psikolinguistik: suatu Pengantar. Bandung: Refika Aditama.
Nur Indah, Rohmani. 2008. Psikolinguistik: Konsep dan Isu Umum. Malang: UIN Malang Press.
Tarigan. 1985. Psikolinguistik. Bandung: Angkasa.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar